Friday, December 18, 2015

Pengalaman Lomba Psikologi (Open Psychology) Universitas Airlangga Surabaya




                Well, tanggal 4-6 Desember lalu, me and my friend ikut lomba yang diadakan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yaitu Open Psychology! (I demand a standing ovation) *clapsclaps*
Dibawah ini foto aku, temen aku, dan pembimbingku selama lomba. (Yeah, muka temen and pembimbingku aku tutupi soalnya I haven't got their permission to post their photos lol)


                So, basically, Open Psychology adalah lomba yang diadakan Universitas Airlangga dan bahan lombanya semua berhubungan dengan psikologi (yaiyalah deng, orang dari nama lombanya juga ude keliatan pasti berhubungan sama psikologi). Biaya lomba Rp. 150.000 untuk 1 kelompok yang berisi maksimum 2 orang.
                Tujuan aku buat post ini adalah supaya kalian-kalian yang pingin ikut lomba ini tapi bingung lombanya ngapain aja, at least aku akan beri kalian gambaran tentang Open Psychology yang aku ikuti tahun ini.
                First of all, lomba ini terdiri atas banyak babak. Babak pertama ada penyisihan online. Jadi di tanggal tertentu, kalian bakal kumpul bareng partner kalian dan kerjain 100 soal tentang Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, Ekonomi, Sosial, dan Geografi secara ONLINE di tempat kalian masing-masing. Kalian akan buka suatu website dan mengerjakan soal tersebut sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Setelah beberapa lama, hasilnya nanti akan diumumkan. 
                Lomba Opsy (Open Psychology) tahun 2015 yang aku ikuti ini, dari 300 kelompok yang mengikuti tes online, akan disaring menjadi 100 kelompok yang akan maju ke babak selanjutnya.
                Entah mungkin dewi fotuna ada di pihak kita, aku dan teman aku lolos babak penyisihan online ini dan bisa maju ke babak selanjutnya. Padahal kita berdua sebenarnya anak IPA yang basically know nothing about IPS, sedangkan tes online nya memuat soal IPS semua. Dan bagi kalian yang nantinya tidak lolos babak online ini, jangan sedih karena kalian bakal tetep dapet sertifikat! YAY!
                Now, back to the laptop. Di babak selanjutnya ini, the real competition has finally began. 100 kelompok yang lolos dari berbagai penjuru Indonesia ini kemudian diharapkan untuk menuju Surabaya dan dikarantina selama 3 hari 2 malam di Asrama Haji. (Yes, guys, you’ve read it right. It's Asrama Haji.) 


DAY 1 (4 Desember 2015)

                Aku dan teman aku diharapkan menuju Universitas Airlangga paling lambat jam 6 sore untuk registrasi and such. Lalu, kita semua dikumpulkan di Aula Fakultas Psikologi Airlangga untuk mendapat pengarahan tentang lomba hari berikutnya, pembagian bus, serta pembagian kamar di Asrama Haji.
                So basically, hari pertama gak ngapa-ngapain, kok. Cuma pengarahan sekilas lalu tidur.

DAY 2 (5 Desember 2015)

               Kita semua diharuskan untuk bangun jam 5 pagi dan siap-siap menuju Fakultas Psikologi untuk mengikuti babak selanjutnya. Sekitar jam 10 maybe? 100 kelompok ini dipisah ke dalam beberapa ruangan untuk mengikuti babak tes essay. Babak ini mengharuskan kita untuk mengisi 2 lembar kertas berisi soal isian. Bahan soal isian ini adalah Psikologi Umum dan Sejarah Ilmu Psikologi. Bahan tersebut sudah disediakan di website Opsy beberapa minggu sebelumnya dan bisa dipelajari. Tapi emang dasar aku dan teman  aku yang pemales karena seriously, bahannya itu buuuuuuanyaknya banget sampe agak gak masuk akal, akhirnya kita ended up cuma baca-baca bahannya doang. Hasilnya, sebagian besar jawaban di babak ini kita ngawur total.
                And then came babak selanjutnya. Babak ini adalah study case video. Basically, kita 100 kelompok dikumpulin di aula dan dikasih tonton 4 video tentang psikologis manusia. Setelah itu kita disuru kerjakan soal yang berhubungan dengan video tersebut. But surprisingly, me and my friend did well di babak ini.

DAY 3 (6 Desember 2015)

                Dihari yang terakhir ini, kita 100 kelompok diharuskan mendengarkan seminar tentang kuliah dan kemudian ada pengumuman babak 30 besar.
                And yes guys, aku dan temen aku gak lolos ke babak selanjutnya. Not quite a surprise, eh. But at least, we got sertificates that stated that we are Semifinalis of Open Psychology 2015 (just trying to be grateful here).
                But from what I know, babak 30 besar akan lanjut Rally Games yang bahannya masih tetap Psikologi Umum dan Sejarah Aliran Psikologi. Yang kemudian akan diambil 6 besar (babak Final) yang akan main quiz  kayak di tipi-tipi gitu, semacam Family 100 tapi temanya tetep tentang psikologi. Juara 1, 2, dan 3 kemudian mendapatkan piala dan hadiah uang.

***

                Well I think that’s all about Open Psychology 2015. Aku ingetin dulu, kalo ini adalah rincian lomba tahun 2015 dan bisa berbeda sedikit bahkan berbeda total dengan lomba Open Psychology yang akan diadakan di tahun-tahun selanjutnya. Entah tahun 2016, 2017, dll dll dll.
                Buat yang ragu mau ikut lomba ini atau tidak. Ikutlah. I repeat, ikutlah. Meskipun tidak menang, at least kamu dapet pengalaman dan bisa kenalan dengan berbagai teman di macam-macam daerah di Indonesia. It’s indeed fun! Last but not least, best luck for you, guys. Adios!

JElim.

No comments:

Post a Comment